Puncak Sikunir – Info Penginapan dan Wisata di Sikunir

Puncak Sikunir dan 17 Tempat Wisata Dieng keren lainnya yang Wajib Anda Kunjungi

Di Dieng wonosobo terdapat banyak potensi wisata alam maupun sejarah yang menarik. Di berbagai sudut wilayah Dieng, keindahan pesona alam dan situs warisan budaya bisa anda temui. Belum lagi Kondisi geografis sekitar Dieng yang didominasi lanskap pegunungan hijau, dijamin anda akan terkesima bahkan sejak dimulai dari perjalanan memasuki wilayah Wonosobo ini. Pemandangan pegunungan seperti Gunung Sindoro Sumbing, Merapi dan Merbabu. Semua bisa anda nikmati dengan jelas baik dari Sikunir, gunung Bisma, maupun Gunung Prau.

Udara yang segar cenderung dingin semakin melengkapi suasana perjalanan. Bagi Wisatawan yang berada di Jogja, Semarang, atau Purwokerto bolehlah mampir ke tempat Wisata Dieng. Dijamin liburan anda akan semakin menyenangkan.

Selain Wisata Alamnya, Adat Istiadat, budaya dan Kuliner yang dimiliki Kawasan Wisata Dieng Wonosobo juga tak kalah menarik. Komplek Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Setyaki dan candi-candi lainnya yang berada di wilayah Dieng adalah beberapa contoh Atraksi Wisata Budaya yang dapat anda temukan disini. Untuk Kuliner, cobalah makanan khas Dieng Wonosobo seperti carica Dieng dan Mie Ongklok.

Untuk Menambah rasa penasaran anda, Berikut kami ulas 10 Obyek Wisata di Dieng yang menarik dan menantang untuk anda Coba.

1. Puncak Bukit Sikunir

Ingin melihat sunrise? Anda bisa datang ke Bukit Sikunir. Ini adalah bukit yang terkenal di kalangan wisatawan sebagai tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.200 mdpl. Dinamakan bukit Sikunir karena bukit ini banyak membuat wisatawan ketagihan berburu sunrise. Warna sinar matahari yang kekuningan seperti kunir membuat masyarakat setempat menamainya sikunir. Kunir adalah bahasa Jawa dari kunyit.
2. Kawasan Wisata Cagar Alam Telaga Warna Dieng

Telaga warna adalah salah satu landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna berbeda-beda. Menurut legenda, warna di permukaan telaga tersebut muncul karena kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut. Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut terjadi karena pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Dominasi warna dari telaga ini adalah hijau, biru laut dan putih kekuningan. Jika ingin melihat keindahan warna dari telaga, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut. Di daerah tepian telaga, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.

3. Kawah Sikidang Dieng

Dataran tinggi Dieng Wonosobo memiliki beberapa kawah yang indah, yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri yang masih aktif. Kawah Sikidang adalah salah satu kawah yang dijadikan andalan tempat wisata di Dieng dan berlokasi di wilayah Dieng timur. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar tanah kawah. Diberi nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang (bahasa Jawa untuk hewan Kijang). Gejolak magma di kawah ini juga cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.
4. Komplek Candi Dieng

Candi adalah sebuah simbol kepariwisataan di Dieng. Candi jugalah yang membuat Dieng menjadi tempat yang sakral. Di sini terdapat banyak Candi Hindu yang tersebar di berbagai lokasi. Candi-candi yang terdapat di Dieng diberi nama sesuai dengan tokoh Mahabarata. Ada Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan lain-lain. Model bangunan candi di sini mengikuti bentuk candi di India dengan ciri khas arca dan relief yang menghiasi bangunan candi.

5. Telaga Pengilon

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi Obyek wisata di Dieng Telaga warna tetapi tidak berkunjung ke Telaga Pengilon. Telaga Pengilon merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.
6. Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang

Tempat Wisata Batu Ratapan Angin merupakan sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorite pengunjung wisata Dieng karena dari tempat ini Anda dapat melihat Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, pasti bagus sekali keindahan alam disini. Butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun setelah sampai di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

7. Wana Wisata Petak 9 (Bukit Sidengkeng)

Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng merupakan sebuah bukit kecil di area kawasan wisata Telaga Warna yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk memandang lanskap Telaga Warna dari atas. Obyek wisata ini sangat strategis untuk mendapatkan view Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang mengelilinya. Dari puncak Bukit Sidengkeng ini warna-warni permukaan Telaga Warna yang berkilau saat disinari matahari terlihat lebih jelas, tak terhalang oleh pemukiman penduduk atau pepohonan yang rindang. Apalagi saat kabut tidak terlalu tebal. Spot cantik inilah yang diburu penikmat alam dan pecinta fotografi dari berbagai penjuru.
8. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih Dieng, Obyek Wisata Baru di Kawasan Wisata Telaga Warna Dieng selain Skoter – Jembatan Merah Putih Dieng sebagai destinasi wisata baru di Dataran Tinggi Dieng saat ini sedang populer di kalangan wisatawan. Sebagai obyek wisata baru, Jembatan Merah Putih mampu menarik wisatawan dengan segala keunikanya. Jembatan Merah Putih Dieng merupakan tempat wisata buatan yang terletak di sebelah Timur obyek wisata Batu Ratapan Angin yang masuk Kabupaten Wonosobo. Dengan panjang 26 meter, Jembatan Merah Putih ini memanjang dari timur ke barat untuk menghubungkan dua buah bukit di atas Batu Ratapan Angin, yaitu sekitar 50 meter di atasnya.

9. Padang Savana Bukit Pangonan
Padang Savana Bukit Pangonan. Hamparan padang rumput lebat di bukit landai di selatan Dieng ini memiliki panorama savana yang cantik. Padang rumput dengan ilalang panjang menghampar dalam ceruk yang luas di atas bukit pangonan selain bisa menjadi areal camping yang bagus juga menawarkan kenikmatan penjelajahan tersendiri.

Selain bisa menikmati sunrise dan sunset dari atas Bukit, di Pangonan Semurup anda juga bisa menikmati sebuah pemandangan panjang berupa padang sabana. Saat musim kemarau tiba, rumput terlihat makin indah karena makin menguning. Pemandangan rumput kuning tambah menarik ketika diabadikan dalam foto, bahkan tidak sedikit yang berfoto “selfie” di padang sabana ini.
10. Bukit Skoter Dieng

Bukit Scooter (Skoter) adalah tujuan wisata yang baru dibuka tahun 2016 awal kemarin. Bukit Skoter merupakan alternatif tujuan wisata Dieng untuk melihat lanskap pemandangan Dieng serta Sunrise / Sunset selain Bukit Sikunir.
Bukit Scooter berada di sebelah utara Desa Dieng Kulon, dengan jarak tempuh sekitar 15 menit perjalanan dengan mendaki bukit. Aksesnya relatif mudah dan tidak terlalu menguras tenaga, Bagi anda yang sudah terlalu lelah untuk mendaki Bukit Sikunir atau Gunung Prau, Bukit Skoter boleh dicoba.

11. Gunung Prau Dieng
Gunung Prau berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Prahu merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Puncak Gunung Prahu berbentuk memanjang dengan padang rumput luas yang diselingi Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan yang hijau sehingga para pendaki menjulukinya Bukit teletubies. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

12. Goa Semar
Gua semar Dieng merupakan salah satu dari sekian banyak goa-goa hasil bentukan alam yang tersebar di berbagai sudut Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Goa Semar dikenal juga dengan sebutan pertapaan Mandala Sari. ya, goa ini memang kadang digunakan untuk bertapa atau bersemadi. Bahkan menurut sang juru kunci, dulunya banyak para petinggi/ pejabat yang menggunakan tempat ini untuk bersemedi yakni disebuah ruang berukuran kurang lebih 5 kali 5 meter di dalam Gua.

13. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjarnegara, kurang lebih sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama wisata Dieng. Sumur Jalatunda ini dulunya adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang kemudian digenangi air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter. Karena air yang menggenang ini ceruk tersebut tampak seperti sumur.

Untuk mencapai Sumur Jalatunda ini, Anda harus menyiapkan fisik untuk menaikai 257 anak tangga. Pada anak tangga terakhir, Anda akan menemukan tumpukan kerikil beralaskan karung beras, Menurut mitos masyarakat setempat, barang siapa yang dapat melempar kerikil dari seberang sumur ke seberang yang berlawanan, maka harapannya bisa terkabul.
14. Kawah Sileri

Kawah Sileri masih mengeluarkan asap putih. Diberi nama Sileri karena warna air kawah ini putih dan aromanya seperti air bekas mencuci beras (dalam bahasa Jawa disebut leri).

15. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka adalah kawah yang terkenal di dalam cerita legenda pewayangan. Dalam legenda diceritakan, kawah ini adalah tempat di mana Gatotkaca dijedi (dimandikan dalam bahasa Jawa) sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa. Letak kawah ini kurang lebih 6 km dari pusat wisata Dieng.

16. Telaga Cebong
Telaga Cebong sembungan. Sebuah telaga yang berada di Kaki Bukit Sikunir. Telaga Cebong ini merupakan telaga alam yang kemudian difungsikan oleh penduduk setempat sebagai sarana irigasi pertanian kentang yang ada disekitarnya. Para Wisatawan kadang menggunakan tepian Telaga Cebong untuk Camping sebagai alternatif menginap saat mengunjungi Sikunir.

17. Dieng Plateau Theater
Dieng Plateau theater dibangun sebagai wadah informasi mengenai kawasan dataran Tinggi Dieng. Disini wisatawan dapat memperoleh informasi akurat mengenai Dieng lewat film-film yang diputar. Namun selain sebagai tempat melihat pertunjukan film Dieng, Area Dieng Plateau theater juga bisa menjadi tempat yang pas bagi wisatawan untuk bersantai melepas lelah.

18. Telaga Merdada

Keindahan Kawasan Dieng Jawa Tengah memang tak tertandingi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata alam yang siap dinikmati oleh pengunjung dari berbagai daerah. Wisata alam yang terdapat di Dieng salah satunya adalah berupa telaga. Ada satu telaga merupakan telaga terluas di Kawasan Dieng, yaitu Telaga Merdada. Telaga Merdada terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini jika dilihat dari bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang dengan air. Kontur ini akan terlihat jelas apabila dilihat dari ketinggian.

19. Tuk Bimolukar

20. Museum Kailasa